Skip to main content

Pembentukan Grafik Pada Java

Postingan yang saya buat berkaitan antara pertamuan yang satu dengan pertemuan yang lainnya, jika anda melewatkan postingan sebelumnya Anda bisa klik link ini.

Grafik Dasar pada Java

Pada grafik dasar java, terdapat beberapa objek grafik yang nilai koordinat pada grafik itu adalah bilangan bulat (integer). Koordinat grafik dalam komputer berbeda dengan koordinat grafik sehari-hari. Perhatikan gambar berikut.

Berikut ini contoh applet yang menggambarkan berbagai  bentuk di grafik Java.
Contoh Fungsi-fungsi Dasar Grafis.


Keterangan perbaris:

  1. Disini adalah mengimport library applet, dimana diperlukan karena class ini meng-extends applet, note: jika ingin menggunakan JPanel atau Frame sebagai tempat kita untuk mengimplementasikan grafik, itu sangat diperbolehkan.
  2. Dalam baris ini kita mengimport library Graphics, berfungsi untuk menampilkan beberapa objek grafik dasar pada class itu sendiri. Bisa kita lihat pada metode paint terdapat pada baris ke 5
  3. Library yang bersungsi untuk memanggil warna-wana yang terdapat dalam grafik dasar.
  4. Nama class yang ber-extends Applet
  5. metode paint (sudah dibahas pada nomor 2)
  6. Sebuah variabel array yang mempunyai type data integer (xPts []).
  7. Sebuah variabel array yang mempunyai type data integer (yPts []).
  8. g.drawString ("String yang diinginkan:, posisi koordinat X, posisi koordinat Y);
  9. g.drawLine ("koordinat X, koordinat Y, koordinat X1, koordinatY1);
  10. g.setColor(Color.red) Menggambil warna dasar dalam grafik komputer berwarna merah, dan untuk menampilikan warna ini dibutuhkan library java.awt.Color.
  11. g.drawRect(50,100,150,250); dalam objek grafik ini akan membentuk suatu Rectangle(persegi empat), terdapat 4 koordinat dalam rect, yaiu drawRect(koordinat X, koordinat Y, nilai a + koordinat X, nilai b +koordinat Y);. Nilai a disini adalah 150, dan nilai b adalah 250, jadi jika masing-masing ditambahkan sesuai dengan koordinat yang sudah ditentukan maka (nilai a+koordinat X = panjang X) dan (nilai b + koordinat Y = panjang Y), lalu akan membentuk suatu persegi.
  12. g.drawRoundRect(50,100,150,250,6,12); g.drawRoundRect (koordinat X, koordinat Y, nilai a + koordinat X, nilai b +koordinat Y)
  13. Polygon atau yang disebut juga segi banyak, di dalam gambar grafik yang satu ini kita  harus menyiapkan dua variabel array, yang tujuannya untuk mengambil nilai dan menghasilkan berapa titik, lalu dari titik-titik itu dihubungkan yang menjadi sebuah bentuk polygon.
  14. space
  15. drawOval(koordinat X, koordinat Y, nilai a + koordinat X, nilai b + koordinat Y); disini hasil dari Oval adalah berupa lingkaran. Oval sama konsepnya dengan Rect, oval membutuhkan diameter jadi pada parameter "nilai a + koordinat = diameter X" dan "nilai b +koordinat Y = diameter Y:.
  16. Arc disebut juga dengan bentuk Lengkung

File HTML untuk memanggilnya adalah sebagai berikut:

<!-- BasicGraphics.html -->
<HTML>
<Body>
<APPLET CODE="BasicGraphics.class" WIDTH=500 HEIGHT=500></APPLET>
</Body>
</HTML>

Berikut ini contoh applet untuk menampilkan String yang terformat di dalam grafik.


import java.applet.*;
import java.awt.*;
public class DrawText extends Applet
{
    public void main (Graphics g)
{
    Font font = new Font ("Helvetica", Font.BOLD+Font.ITALIC, 22);
    FontMetrics fm = g.getFontMetrics (font);
    String str = new String ("The higest result of education is..");
        g.setFont(font);
        g.drawString(str, (size().width - fm.stringWidth(str))/2. ((size().height-fm.getHeight())/2)+fm.getAscent());
}
}
***

Baca juga tentang :


Comments

Popular posts from this blog

Membangun Geometri Primitif dengan Java

Kelas Graphics Dengan kemampuan dari kelas graphics yang dimiliki Java dalam class libraries , maka dimungkinkan untuk dapat memebangun bidang lines, shape, character, warna dan image pada suatu applet. Anda tidak harus menciptakan sebuah instance dari Graphics yang tujuannya adalah untuk membangun sesuatu di applet; pada applet anda metode kelas Graphics.

Pemrograman Grafis Java 2D

Application Programming Interface (API) pada Java adalah kesatuan dari kelas-kelas yang dapat digunakan untuk menciptakan grafis dengan kualitas tinggi, Java 2D adalah termasuk bagian utama dari kelas-kelas dalam platform Java 2. Dalam Java 2D memiliki beberapa paket, yaitu:

Teks dan Huruf Komputer Grafik

Komputer Grafi dapat juga membuat sebuah teks dan huruf, dengan menggunakan kelas Graphics, kita dapat mencetak teks ke layar, dalam kaitannya dengan kelas Font (yang kadang-kadang disebut kelas FontMetrics() . Kelas Font mewakili font tertentu 0 nama, haya dan ukurannya. Sedangkan FontMetrics memberikan kita informasi tentang font tersebut (misalnya, tinggi atau lebar aktual dari karakter tertentu_ segingga kita dapat secara tepat mengatur teks dalam applet. Perlu diingat bahwa proses penggambaran teks disini dilakukan sekali dan dimaksudkan untuk tetap tampil di layar.