Skip to main content

Teks dan Huruf Komputer Grafik

Komputer Grafi dapat juga membuat sebuah teks dan huruf, dengan menggunakan kelas Graphics, kita dapat mencetak teks ke layar, dalam kaitannya dengan kelas Font (yang kadang-kadang disebut kelas FontMetrics(). Kelas Font mewakili font tertentu 0 nama, haya dan ukurannya. Sedangkan FontMetrics memberikan kita informasi tentang font tersebut (misalnya, tinggi atau lebar aktual dari karakter tertentu_ segingga kita dapat secara tepat mengatur teks dalam applet. Perlu diingat bahwa proses penggambaran teks disini dilakukan sekali dan dimaksudkan untuk tetap tampil di layar.


Objek Font

Untuk menggambar teks ke layar, mula-mula kita perlu membuat nsctance dari kelas Font. Objek font mewakili font indivvidual - yakti nama, gaya (bold, italic, plain) dan ukurannya. Nama font adalah string yang mewakili keluarga font, misalnya TimesRoman, Courier  atau Helvetica. Gaya font adalah konstanta yang ditentukan oleh kelas Font. Kita dapat mengambil daya font ini dengan menggunakan variabel kelas - misalnya Font.Plain, Font.BOLD, Font.ITALIC. terakhir adalah ukuran font yang ditentukan oleh font itu sendiri, bisa merupakan tinggi karakter, bisa juga bukan.

Diperlukan tiga arguman untuk kondtruktor new dari kelas Font untuk membuat objek font individual. Font f  = new Font ("TimesRoman", Font.BOLD, 24);

Perintah di atas akan membuat objek font untuk font TimesRoman BOLD, dengan ukuran 24 titik. Harap diingat, sebagaimana kebanyakan kelas Java, kita harus mengimpor kelas java.awt.Font sebelum menggunkanannya.

Font yang tersedia dalam applet begantung pada font yang diinstal pada sistem dimana applet akan bekerja. Jika mengambil font untuk applet dan font ini tidak tersedia pada sistem yang menjalankan applet, maka Java akan menggantinya dengan font default (biasanya courier). Kita dapat mengambil larik nama font yang tersedia dalam sistem dengan perintah berikut ini :
String [] fontslinst = this.getToolkit().getFontlist();
Dari daftar tersebut kita dapat menentukan font yang akan kita gunakan dalam applet. Untuk hasil yang terbaik disarankan menggunakan font standar, misalnya TimesToman, Heletica, dan Courier.

Karakter dan String

Dengan objek font kita padat menggambar teks pada layar dengan menggunakan metode drawchars() dan drawString(). pertama kita perlu mengatur font ke objek kita dengan menggunakan metode setFont().

Font kini adalah bagian dari grafis yang senantiasa dilacak oleh objek Graphics yang kita gunakan untuk menggambar. Setiap kali kita menggambar karakter atau string pada layar, Java menggambar teks tersebur pada font kini. Untuk mengubah font teks, kita harus mengubah font kini terlebih dahulu. Metode Paint() berikut ini menciptakn font baru, mengatur font kini ke font tersebut, dan menggambar string "ini font besar", pada titik 10,100.

public void pain(Graphics g){
   Font f = new Font ("TimesRoman", Font.PLAIN, 72);
   g.setFont(f);
   g.drawString("ini font besar.",10,100);
}

Dua argumen berikutnya dalam drawString() adalah menentukan titik dimana string akan dimulai. Nilai x adalah awal dari ujung kiri teks, y adalah garis dasar untuk seluruh string. Mirip dengan drawString() adalah metode drawChars(), yang menerima larik karakter sebagai argumen, metode drawChars() memiliki 5 argumen: larik karakter, integer yang mewakili karakter pertama dalam larik yang harus digambar, integer lain untuk karakter akhir dalam larik yang harusdigambar (seluruh karakter antara yang perama dan yang terakhir digambar), dan x dan y untuk titik awal. Dalam banyak keperluan, drawString() lebih bermanfaat dibandingkan drawChars().

contoh:

import java.awt.Font;
import java.awt.Graphics;

   public class ManyFonts extends java.applet.Applet{
   public void paint(Grapihcs g){

   Font f = new Font ("TimesRoman", Font.PLAIN, 18);
   Font fb = new Font ("TimesRoman", Font.BOLD, 18);
   Font fi = new Font ("TimesRoman", Font.ITALIC, 18);
   Font fbi = new Font ("TimesRoman", Font.BOLD+Font.ITALIC, 18);

      g.setFont(f);
      g.drawString("This is a plain font", 10,25);
      g.setFont(fb);
      g.drawString("This is a bold font",10,50);
      g.setFont(fi);
      g.drawString("This is a italic font",10,75);
      g.setFont(fbi);
      g.drawString("This is a bold italic font", 10,100);
}
}

Comments

Popular posts from this blog

Membangun Geometri Primitif dengan Java

Kelas Graphics Dengan kemampuan dari kelas graphics yang dimiliki Java dalam class libraries , maka dimungkinkan untuk dapat memebangun bidang lines, shape, character, warna dan image pada suatu applet. Anda tidak harus menciptakan sebuah instance dari Graphics yang tujuannya adalah untuk membangun sesuatu di applet; pada applet anda metode kelas Graphics.

Pemrograman Grafis Java 2D

Application Programming Interface (API) pada Java adalah kesatuan dari kelas-kelas yang dapat digunakan untuk menciptakan grafis dengan kualitas tinggi, Java 2D adalah termasuk bagian utama dari kelas-kelas dalam platform Java 2. Dalam Java 2D memiliki beberapa paket, yaitu: