Skip to main content

Pemrograman Grafis Java 2D

Application Programming Interface (API) pada Java adalah kesatuan dari kelas-kelas yang dapat digunakan untuk menciptakan grafis dengan kualitas tinggi, Java 2D adalah termasuk bagian utama dari kelas-kelas dalam platform Java 2. Dalam Java 2D memiliki beberapa paket, yaitu:




  • java.awt
  • java.awt.image
  • java.awt.color
  • java.awt.font
  • java.awt.geom
  • java.awt.print
  • java.awt.image.renderable
  • java.awt.image.codec.jpeg


Apa saja yang dapat Java 2D lakukan ?

Java 2D dirancang untuk dapat melakukan apa saja yang anda inginkan (dengan komputer grafik tentunya). Tetapi pada versi awal Java 2D sebelumnya, penanganan grafis AWT (Abstract Windowing Toolkit) menemui beberapa batasan yang serius, diantaranya :

  • Semua garis digambar dengan ketebalan satu piksel
  • Ketersediaan Font yang terbatas
  • AWT tidak menawarkan banyak kontrol atas gambar. Sebagai contoh, Anda tidak bisa memanipulasi bentuk karakter infividu.
  • Jika Anda ingin memutar atau skala apapun, Anda harus melakukan sendirri.
  • Jika Anda infin fill khusus, seperti gradien atau patterns, Anda harus membuat sendiri.]Dukungan gambar yang sempurna.
  • Pengendalian transparansi yang canggung.
Dan sebagai solusinya, maka pada versi Java 2D yang sekarang ini telah menyediakan kemudahan untuk menciptakan beberapa objek grafis, seperti:

Shapes; Bentuk-bentuk geometris dengan baik dapat diwakili oleh kombinasi garis lurus dan kurva. API 2D ini juga menyediakan tools yang berguna dari bentuk standar, seperti persegi panjang, busur, dan elips.

Stroking; Garis dan bentuk garis dapat digambar sebagai garis padat atau putus-putus dengan lebar yang bermacam-macam, proses ini disebut sebagai stroking. Anda dapat mendefinisikan pola faris-bertitik dan menentukan bagaimana bentuk dari sudut dan bagaimana seharusnya garis akhir itu ditarik (dibentuk).

Filling; suatu bentuk dalam diisi menggunakan warna yang solid, dalam bentuk yang berpola, warna gradient, atau hal lainnya yang mungkin anda bayangkan.

Transformation; Apapun yang digambar dengan API 2D direntangkan, dirapatkan dan diputar. API ini dapat membentuk shapes, text, dan image. Anda menyiapkan transformasi seperti apa yang anda inginkan selanjutnya 2D API ini akan menangani semuanya.

Alpha compositing; adalah proses penambahan elemen-elemen baru pada operasi menggambar. API 2D akan memberikan fleksibilitas yang cukup dengan menggunakan aturan komposit Porter-Duff.

Clipping; adalah proses membatasi jangkauan operasi menggambar. Sebagai contoh, menggambar pada suatu window biasanya dijepit ke batas-batas window. Dalam 2D API, bagaimanapun, anda dapat menggunakan bentuk apapun uktuk clipping.

Antialiasing; adalah suatu teknih yang mengurangi jagged di tiap tepi dari gambar, memperhalus gambar suatu objek grafik dengan agak memudarkan warna dari objek grafik.

Text; API 2D menggunakan font TrueType yang terinstall di sistem. Anda dapat membuat string, mengambil bentuk string individu atau beberapa huruf, dan menanipulasi teks dalam cara yang sama dengan suatu shape dimanipulasi.

Color; sulit untuk menunjukkan warna dengan benar. API 2D termasuk kelas dan metode yang dengan caranya sendiri mendukung wujud dari warna, tidak bergantung pada perangkat keras tertentu atau kondisi dari perangkat tampilan.

Images; dukungan API 2D dapat melakukan hal-hal apik seperti halnya membentuk shape dan text. Khususnya, Anda dapat mengubah suatu images, menggunakan clipping shapes, dan menggunakan shape compositin pada image. API 2D dalam Java 2, juga mencakup satu seti kelas untuk memuka dan menyimpan gambar (galam format JPEG).

***
Baca juga tentang : 

Comments

Popular posts from this blog

Membangun Geometri Primitif dengan Java

Kelas Graphics Dengan kemampuan dari kelas graphics yang dimiliki Java dalam class libraries , maka dimungkinkan untuk dapat memebangun bidang lines, shape, character, warna dan image pada suatu applet. Anda tidak harus menciptakan sebuah instance dari Graphics yang tujuannya adalah untuk membangun sesuatu di applet; pada applet anda metode kelas Graphics.

Teks dan Huruf Komputer Grafik

Komputer Grafi dapat juga membuat sebuah teks dan huruf, dengan menggunakan kelas Graphics, kita dapat mencetak teks ke layar, dalam kaitannya dengan kelas Font (yang kadang-kadang disebut kelas FontMetrics() . Kelas Font mewakili font tertentu 0 nama, haya dan ukurannya. Sedangkan FontMetrics memberikan kita informasi tentang font tersebut (misalnya, tinggi atau lebar aktual dari karakter tertentu_ segingga kita dapat secara tepat mengatur teks dalam applet. Perlu diingat bahwa proses penggambaran teks disini dilakukan sekali dan dimaksudkan untuk tetap tampil di layar.