Skip to main content

Warna dalam Komputer Grafik

Java menyediakan metode-metode dan perilaku untuk berurusan dengan warna secara umum melalui kelas Volor, dan juga menyediakan metode untuk mengatur warna latar depan dan latar belakang.


Warna dalam Java, menggunakan standar 24-bit, dimana warna diwakili oleh kombinasi merah, hijau dan biru. Setiap komponen warna dapat milikiri nilai antara 0 dan 255. Nilai 0,0,0 adalah wana hitam, 255,255,255 adalah warna putih. Ini berarti secara teoritis ada jutaan variasi warna yang dapat dihasilkan.

Model warna abstrak Java dipetakan ke model warna dimana platform Java berjalan, biasanya hanya 256 warna atau kurang yang dapat dipilih. Jika warna yang diminta dalam objek warna tidak tersedia, warna akan dipetakan kedalam warna lain, tergantung bagaimana browser melihat warna tersebut dan platform apa yang digunakan. Dengan kata lain, meskipun Java mampu mengelola jutaan warna, hanya sedikit yang dalam praktiknya bisa didapatkan.

Pemanfaatan Objek Warna

Untuk menggambarkan ibjek dengan warna tertentu, kita harus membuat instance dari kelas Color untuk mewakili warna itu. Kelas Color menentukan seperangkat objek warna standar, yang disimpan dalam variabel kelas, untuk dengan cepat mengambil objek warna. Sebagai contoh, Color.red mengembalikan objek Color yang mewakili warna merah (nilai RGB 255,0,0), Color.white mengembalikan warna putih (nilai RGB 255,255,255), dan seterusnya.

Color Name
RGB Value
Color.white
255,255,255
Color.black
0,0,0
Color.ligthGray
192,192,192
Color.gray
128,128,128
Color.darkGray
64,64,64
Color.red
255,0,0
Color.green
0,255,0
Color.blue
0,0,255
Color.yellow
255,255,0
Color.magenta
255,0,255
Color.cyan
0,255,255
Color.pink
255,175,175
Color.orange
255,200,0

Jika warna yang ingin digambarkan tidak ada dalam objek Color standar, kita dapat membuat objek warna dengan kombinasi merah, hijau, biru (RGB), asalkan kita memiliki nilai RGB dari warna yang kita inginkan. Kita hanya perlu membuat objek warna aru, misalnya :
Color c = new Color (140,140,140);
Baris perintah diatas akan menghasilkan warna abu-abu tua. Kita dapat membuat warna apa saja dari gabungan nilai RGB. Sebagai alternatif , kita dapat membuat objek warna dengan menggunakan bilangan float dari 0,0 sampai 1, misalnya :
Color c = new Color(0.55,0.55,0.55);
*** 
Baca juga tentang :

Comments

Popular posts from this blog

Membangun Geometri Primitif dengan Java

Kelas Graphics Dengan kemampuan dari kelas graphics yang dimiliki Java dalam class libraries , maka dimungkinkan untuk dapat memebangun bidang lines, shape, character, warna dan image pada suatu applet. Anda tidak harus menciptakan sebuah instance dari Graphics yang tujuannya adalah untuk membangun sesuatu di applet; pada applet anda metode kelas Graphics.

Pemrograman Grafis Java 2D

Application Programming Interface (API) pada Java adalah kesatuan dari kelas-kelas yang dapat digunakan untuk menciptakan grafis dengan kualitas tinggi, Java 2D adalah termasuk bagian utama dari kelas-kelas dalam platform Java 2. Dalam Java 2D memiliki beberapa paket, yaitu:

Teks dan Huruf Komputer Grafik

Komputer Grafi dapat juga membuat sebuah teks dan huruf, dengan menggunakan kelas Graphics, kita dapat mencetak teks ke layar, dalam kaitannya dengan kelas Font (yang kadang-kadang disebut kelas FontMetrics() . Kelas Font mewakili font tertentu 0 nama, haya dan ukurannya. Sedangkan FontMetrics memberikan kita informasi tentang font tersebut (misalnya, tinggi atau lebar aktual dari karakter tertentu_ segingga kita dapat secara tepat mengatur teks dalam applet. Perlu diingat bahwa proses penggambaran teks disini dilakukan sekali dan dimaksudkan untuk tetap tampil di layar.