Skip to main content

Pengantar Komputer Grafik

Pengenalan Komputer Grafik Keperluan dalam belajar pemrograman Grafik

Komputer grafik (grafika komputer): Proses prmbuatan, manipulasi, penampilan grafik (2D/3D), citra, animasi dan sejenisnya ke display, layar komputer, printer, maupun device lainnya.

Ada beberapa hal yang diperlukan dalam belajar pemrograma grafik, yang meskipun tidak mutlak, dapat membantu lebih mengerti algoritma grafik.


  1. Akses atau abstraksi ke piksel dalam layar
  2. Cross platform untuk melihat efek grafik dalam berbagai lingkungan (misal: efek tidak adanya font tertentu dalam sistem operasi tertentu, tidak adanya antiliasing dalam lingkungan tertentu)
  3. Level menengah: tidak terlalu low level (sehingga terlalu kompleks untuk dipelajari), ataupun high level (sehingga semua susah ditangani, dan tidak ada yang bisa dipelajari)
  4. Tersedia secara gratis dan atau open source.

Alasan Penggunaan Java

Lingkungan DOS sebenarnya sangat baik digunakan untuk memahami pembangunan grafik secara low level, namun usaha akan banyak diperlukan, dari sekedar menggambar titik, sampai erususan dengan interrupt untuk mengakses device seperti mouse. Devices yang lebih kompleks, seperti kamera digital sangat sulit untuk bisa diakses.

Linkungan Windows, memberikan fasilitas yang sangat banyak untuk melakukan pemrograman grafik, baik 2D maupun 3D, namun umumnya pemrograman grafik di Windows membuat kita tidak bisa melihat bagaimana algoritma sebenarnya bekerja, karena terlalu banyak hal yang sudah disediakan oleh Windows.

Pemrograman low level grafik (dengan C/C++) dan mengakses GDI Windows atau Direct X terlalu kompleks sedangkan pemrograman dengan bahasa visual seperti Visual Basic dan Delphi menyembunykan terlalu banyak hal yang seharusnya dipelajari dalam kuliah grafik. Belajar pemrogamangrafik di Windows juga akan mengikat kita pada satu platform tertentu, sedangkan banyak aplikasi grafik yang tidak berjalan di Windows.

Java untuk belajar pemrograman Grafik

Java merupakan bahasa yang cross platform, dan sudah menyediakan primitif grafik 2D dan secara opsional grafik 3D. Java cukup mudah dipelajari, dan bisa mengakses mode grafik dalam lingkungan manapun (X Windows, GDI Windows, dll).

Java juga sudah digunakan sebagai sarana pembantu dalam banyak matakuliah, termasuk juga pemrograman sistem terdistribusi dan sistem operasi.

Ekstensi Grafik pada Java

Selain operasi grafik dasar, Java juga mendukung prmrosesan grafik 2D melalui kelas-kelas Java3D dan pemrosesan grafik 3D melalui paket-paket tambahan (bukan standar) Java3D. Dalam hal Java3D ini tidak dibahas disini, namun informasi mengenai hal tersebut dapat dicari dalam dokumentasi yang nanti akan disertakan.

Shapes (Bentuk)

Kelas grafis mencakup sejumlah besar metode misalnya untuk menggambar berbagai bentuk, seperti garis, persegi, persegi panjang, dan oval. Bentuk ditentukan menggunakan sistem (x,y) koordinat dijelaskan diatas. Mereka tertarik dalam warna gambar saat ini dari konteks grafis. Warna gambar saat ini diatur dengan warna latar depankomponen ketika konteks grafis dibuat, tetapi dalam diubah setiap saat dengan menggunakan metode setcolor().

Berikut adalah daftar dari beberapa metode gambar yang paling prnting. Dengan semua perintah setiap gambaryang dilakukan di luar batas komponen diabaikan. Perhatikan bahwa semua metode ini di kelas Grapihcs sehingga mereka semua harus dipanggil melalui sebuah objek dari tipe Grafis.

  1. drawString (String str, int x, int y)
  2. drawLine (int x1, int y1, int x2, int y2)
  3. drawRect (int x, int y, int width, int height)
  4. drawOval (int x, int y, int width, int height)
  5. drawRoundRect (int x, int y, int width, int height, int xdiam, int ydiam)
  6. draw3DRect (int x, int y, int width, int height, boolean raised)
  7. drawArc(int x, int y, int width, int height, int startAngle, int arcAngle)
  8. fillRect (int x, int y, int width, int height)
  9. fillOval (int x, int y, int width, int height)
  10. fillRoundRect int x, int y, int width, int height, int xdiam, int ydiam)
  11. fill3DRect (int x, int y, int width, int height, boolean raised)
  12. fillArch (int x, int y, int width, int height, int startAngle, int arcAngle)
Untuk lebih jelasnya kita akan mencoba beberapa program sederhana pada bab selanjutnya.

***

Comments

Popular posts from this blog

Membangun Geometri Primitif dengan Java

Kelas Graphics Dengan kemampuan dari kelas graphics yang dimiliki Java dalam class libraries , maka dimungkinkan untuk dapat memebangun bidang lines, shape, character, warna dan image pada suatu applet. Anda tidak harus menciptakan sebuah instance dari Graphics yang tujuannya adalah untuk membangun sesuatu di applet; pada applet anda metode kelas Graphics.

Pemrograman Grafis Java 2D

Application Programming Interface (API) pada Java adalah kesatuan dari kelas-kelas yang dapat digunakan untuk menciptakan grafis dengan kualitas tinggi, Java 2D adalah termasuk bagian utama dari kelas-kelas dalam platform Java 2. Dalam Java 2D memiliki beberapa paket, yaitu:

Teks dan Huruf Komputer Grafik

Komputer Grafi dapat juga membuat sebuah teks dan huruf, dengan menggunakan kelas Graphics, kita dapat mencetak teks ke layar, dalam kaitannya dengan kelas Font (yang kadang-kadang disebut kelas FontMetrics() . Kelas Font mewakili font tertentu 0 nama, haya dan ukurannya. Sedangkan FontMetrics memberikan kita informasi tentang font tersebut (misalnya, tinggi atau lebar aktual dari karakter tertentu_ segingga kita dapat secara tepat mengatur teks dalam applet. Perlu diingat bahwa proses penggambaran teks disini dilakukan sekali dan dimaksudkan untuk tetap tampil di layar.