Skip to main content

Tes Tertulis Junior Programmer


Assalamualaikum~
Selamat siang teman-teman sekalian..
Kali ini kita akan membahas tentang Tes tertulis junior programmer.

Kebetulan saya lulusan dari Universitas swasta yang mana saat itu dari Fakultas MIPA mengambil Program pendidikan (Prodi) Teknik Informatika. Saya mengambil Teknik Informatika karna supaya vertikal aja, karna sewaktu sekolah saya masuk di Sekolah Kejuruan, dan saat itu saya mengambil Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak atau biasa disingkat RPL.
Jadi karna saya sudah punya basicnya, supaya lebih mudah mendalami bidang ilmunya, saya melanjutkan kuliah dibidang yang sama dengan sewaktu duduk di bangku sekolah, supaya lebih mudah mendalami bidang ilmunya.

Baik, kita langsung aja membahas tentang Tes terturlis Junior Programmer.
Sekarang ini banyak sekali orang-orang yang berminat untuk sekolah ataupun kuliah di jurusan Tenik Informatika atau IT, karna pada sewaktu saya masih menjadi MaBa (Mahasiswa Baru), jumlah mahasiswanya yang paling banyak adalah dari Program Pendidikan Teknik Informatika.
Hal ini wajar karna banyak sekali tawaran pekerjaan yang ada di dunia kerja, mulai dari Full stack Developer, Admin web, Quality Assurance Software, Front-end, Back-end, Admin databse, dan masih banyak lagi posisi yang dibutuhkan oleh perusahaan sekarang ini di bidang IT.
Lalu apa aja sih tes yang biasanya digunakan perusahaan untuk merekrut calon staff IT ?

1.       Tes Logika
Mau jadi Back-end atau Front-end ? harus jago logikanya, gak cuma back-end dan front-end aja, semuanya lowongan dibidang IT pasti ada tes logikanya. Karna itu syarat yang paling dasar untuk menempati posisi jabatan di bidan IT. Tapi kalau udah sekolah atau kuliah di jurusan IT, pasti bisa kok.
(baca juga : Logika dasar Pemrograman)

2.       Tes Matematika Dasar
Iya, matematika. Ada temen saya yang masuk kuliah di jurusan IT dengan alasan karna nggak mau ketemu sama pelajaran matematika, eh ternyata setelah masuk semester awal langsung ketemu sama matematika diskrit, aljabar dan macam-macamnya. Jadi salah besar ya kalau masuk IT itu nggak bakalan ketemu sama matematika. Karna matematika itu membuat kita jadi bisa memperhitungkan segala sesuatu juga bisa membuat kita jadi lebih teliti.
(baca juga: Matematika Dasar Pertemuan 1)

3.       Tes HTML/CSS
Untuk pelamar yang mengambil posisi jabatan sebagai front-end, back-end, apalagi full stack developer, html atau css seharusnya sudah diluar kepala ya. Karna pelajaran ini sudah dari awal sekolah/kuliah. Namun tes ini juga biasanya masih ada untuk pelamar yang mengambil posisi jabatan Quality Assurance, DB administrator, dll.

4.       Tes Pemrograman
Tes yang satu ini sebenernya jarang ada, mungkin Cuma beberapa perusahaan aja. Jadi pada tes ini, kita disuruh untuk membuat suatu program, baik hanyak sebuah listing program atau langsung praktek. Kemungkinan kita hanya disuruh membuat program kecil, biasanya perusahaan hanya melihat skill kita tentang perulangan dan perhitungan.

5.       Tes Database
Beberapa perusahaan menginginkan calon karyawannya memiliki pengetahuan yang cukup luas, bahkan sampai diluar dari pelajaran yang dipelajari sewaktu masih sekolah/kuliah. Tapi kalau soal database, jika kamu sekolah kejuruan IT atau kuliah IT, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya database.

6.       Psikotes
Ini tes yang pasti ada bagi semua pelamar untuk posisi jabatan apapun ya, tapi saya tidak membahas tes ini karna sudah banyak bertebaran di internet tentang psikotes yang lengkap.
(baca juga: Soal-soal Psikotes Lengkap untuk calon pegawai IT Staff)

Oke itu aja jenis-jenis tes yang ada di tes tertulis untuk pelamar posisi jabatan apapun di bidang IT.


Comments

Popular posts from this blog

Membangun Geometri Primitif dengan Java

Kelas Graphics Dengan kemampuan dari kelas graphics yang dimiliki Java dalam class libraries , maka dimungkinkan untuk dapat memebangun bidang lines, shape, character, warna dan image pada suatu applet. Anda tidak harus menciptakan sebuah instance dari Graphics yang tujuannya adalah untuk membangun sesuatu di applet; pada applet anda metode kelas Graphics.

Pemrograman Grafis Java 2D

Application Programming Interface (API) pada Java adalah kesatuan dari kelas-kelas yang dapat digunakan untuk menciptakan grafis dengan kualitas tinggi, Java 2D adalah termasuk bagian utama dari kelas-kelas dalam platform Java 2. Dalam Java 2D memiliki beberapa paket, yaitu:

Teks dan Huruf Komputer Grafik

Komputer Grafi dapat juga membuat sebuah teks dan huruf, dengan menggunakan kelas Graphics, kita dapat mencetak teks ke layar, dalam kaitannya dengan kelas Font (yang kadang-kadang disebut kelas FontMetrics() . Kelas Font mewakili font tertentu 0 nama, haya dan ukurannya. Sedangkan FontMetrics memberikan kita informasi tentang font tersebut (misalnya, tinggi atau lebar aktual dari karakter tertentu_ segingga kita dapat secara tepat mengatur teks dalam applet. Perlu diingat bahwa proses penggambaran teks disini dilakukan sekali dan dimaksudkan untuk tetap tampil di layar.